Tips Memilih Rak Buku Besi Untuk Perpustakaan Sekolah

tips memilih rak buku besi untuk perpustakaan

Sekolah adalah tempat menimba ilmu, pastinya terdapat ruang perpustakaan yang menyimpan berbagai koleksi buku pelajaran atau jenis buku lain untuk dibaca siswa-siswi. Rata-rata, rak perpustakaan besi yang menjadi tempat penataan atau penyimpanan buku-buku tersebut.

Sebelum membeli rak buku untuk perpustakaan sekolah, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu beberapa tips memilih rak buku bermaterial besi berikut ini:

Sesuaikan dengan Ukuran Ruang Perpustakaan

Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah memerhatikan ukuran rak dan luas ruang perpustakaan. Pasalnya, jika ukuran rak buku terlalu besar dibandingkan kapasitas ruangannya, akan membuat perpustakaan jadi terlihat sempit dan berantakan.

Begitu pun sebaliknya, jika menempatkan rak buku berukuran kecil dalam ruang perpustakaan yang luas, akan jadi terlihat aneh karena tidak terlihat seimbang.

Perhatikan Kapasitas atau Jumlah Buku

Selain ukuran rak, kita juga perlu menyesuaikan tingkat rak dengan banyaknya koleksi buku yang hendak disimpan. Jika koleksi buku di perpustakaan belum terlalu banyak, maka rak berukuran sedang bisa menjadi pilihan tepat agar tidak terlalu banyak ruang kosong.

Lain halnya apabila koleksi buku di perpustakaan sekolah sangat banyak. Kita tentunya perlu menggunakan rak buku dengan ukuran lebih besar dan memiliki lebih banyak tingkat untuk menyimpan semua koleksi buku.

Perhatikan Desain Penggunaannya

Rak buku pada umumnya bisa kita gunakan untuk menyimpan secara horizontal, vertikal ataupun perpaduan antara keduanya. Hal ini juga harus kita pertimbangkan, karena pemilihan rak yang sesuai akan membuat proses penyimpanan koleksi buku perpustakaan jadi semakin optimal.

Misalnya, jika koleksi buku perpustakaan kebanyakan buku hard cover, pilihlah rak dengan tipe penyimpanan buku tegak sehingga lebih mudah untuk diambil. Namun, apabila koleksi bukunya lebih didominasi buku soft cover, maka pilih rak buku dengan posisi penyimpanan ‘tidur’.

Selain tiga poin di atas, kita juga perlu memerhatikan harga rak bukunya. Sesuaikan dengan budget yang dipunya. Membeli produk dengan harga yang melebihi anggaran, bisa saja akan memberatkan keuangan sekolah di kemudian hari.

Nah, bagi yang sedang mencari rak perpustakaan sekolah berkualitas dengan harga terjangkau, bisa membelinya di Tokojadi. UMKM ini bergerak di bidang penjualan alat tulis kantor dengan stok super lengkap dan harga grosir yang murah. Meski murah, kualitas barangnya tidak perlu diragukan lagi.

Pelayanan yang diberikan tulus, sehingga telah dipercaya beberapa instansi swasta untuk menjadi rekanan tetap selama belasan tahun. Informasi seputar peralatan kantor, harga dan lainnya, bisa dilihat di melalui laman tokojadi.net. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Tips Memilih Rak Buku Besi Untuk Perpustakaan Sekolah"