Ciri Ciri Pubertas Anak Perempuan yang Bisa Terlihat dari Fisiknya

Ciri Ciri Pubertas

Biasanya, ciri ciri pubertas pada anak perempuan akan terlihat di rentang usia 8 hingga 14 tahun. Namun, dalam hal ini setiap anak berbeda-beda. Oleh sebab itu, jika ada yang memiliki pengalaman yang berbeda dari anak perempuan lain, tidak perlu kahwatir karena hal ini sangat wajar. 

Apabila merasa bingung, lakukan diskusi dengan ibu, saudara perempuan, atau sahabat yang kamu percayai untuk bercerita hal seperti ini.

Pada masa pubertas, anak perempuan akan menunjukkan ciri-ciri secara fisik yang bisa terlihat dengan jelas. Nah, untuk mempersiapkan hal ini, kamu perlu tahu apa saja ciri pubertas dari segi fisik. Simak ulasannya sampai selesai, ya!

Perkembangan Payudara
Umumnya, ciri pubertas pada wanita tertandai dengan perkembangan kuncup payudara. Kemudian, mulai muncul benjolan yang memiliki ukuran sebesar nikel di bawah puting susu.

Tidak perlu khawatir dengan pertumbuhan payudara yang terjadi pada satu sisi. Biasanya, sisi lainnya akan ikut tumbuh setelahnya.

Pertumbuhan payudara yanmg kurang merata dan nyeri menjadi hal normal dan akan membaik dengan sendirinya seiring berjalannya waktu.

Tumbuh Rambut
Ciri pubertas pada anak perempuan selanjutnya adalah pertumbuhan rambut yang lebih kasar. Ara yang tertumbuhi rambut adalah bagian genital, di bawah lengan atau ketiak, dan kaki. Bagia sebagian anak perempuan, rambut di kemaluan menjadi ciri pubertas yang pertama muncul sebelum pertumbuhan payudara.

Keputihan
Ada beberapa anak perempuan yang mengalami keputihan dalam jumlah kecil sampai sedang. Umumnya, hal ini terjadi kurang lebih sekitar 6 sampai 12 bulan sebelum haid pertama mereka. Keputihan menjadi sebuah respon tubuh terhadap peningkatan hormon estrogen.

Tinggi Badan
Sebagian besar anak perempuan akan mengalamu pertumbuhan yang cepat pada usia muda daripada laki-laki. Biasanya, tingkat pertumbuhan tinggi badan tercepat akan terjadi ketika kuncup payudara mulai berkembang atau 6 bulan sebelum haid pertama. Setelah menstruasi, pertumbuhan tinggi badan akan melambat. 

Periode Menstruasi
Jangka waktu setiap anak perempuan akan sangat beragam. Tetapi, sebagian besar gadis akan mengalami menstruasi pertama dalam waktu 2 hingga 3 tahun setelah perkembangan kuncup payudara. 

Beberapa remaja mungkin merasa cemas dan bingung bagaimana cara menangani haid pertama. Apalagi datangnya juga tidak terduga. Maka dari itu, persiapkan semua pengetahuan ini sedini mungkin agar tidak terkejut ketika tiba-tiba haid datang. 

Tidak hanya itu, kamu tidak perlu takut jika memiliki kondisi darah yang berbeda. Dalam beberapa kasus, terdapat anak perempuan yang mempunyai darah merah cerah, namun ada juga yang bercak dengan debit merah-coklat. Tenang saja, ini masih dalam keadaan normal.

Perubahan Fisik Lainnya
Banyak anak perempuan yang mengalami jerawat selama masa pubertas. Hal ini berhubungan dengan adanya perubahan kadar hormon dalam tubuh. Tidak hanya itu, biasanya bau badan akan berbeda dan muncul banyak keringat di bawah ketiak. 

Terkadang, anak perempuan mulai memasuki pubertas terlalu awal atau sangat terlambat. Hal ini sebaiknya bisa kamu konsultasikan kepada tenaga medis. Dengan cara ini kamu akan mendapat jawaban terbaik dan penangan yang tepat jika diperlukan. 

Nah, itulah beberapa ciri pubertas pada anak perempuan dari segi fisiknya. Jika, kamu penasaran dengan ciri lainnya seperti berdasarkan emosionalnya, kamu bisa langsung mengunjungi CHARM GIRL`S TALK. 

Mari mulai peka terhadap perubahan diri dan peduli dengan kebutuhan tubuh. Perbanyak informasi mengenai mentruasi dan berbagai pengetahuan terkait perempuan dengan membaca artikel terbaik dari CHARM GIRL`S TALK. 

Website tersebut akan menyajikan banyak informasi tentang kesehatan wanita dengan cara yang seru. Daripada semakin penasaran, lebih baik segera kunjungi CHARM GIRL`S TALK hanya di www.charmgirlstalk.com. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Ciri Ciri Pubertas Anak Perempuan yang Bisa Terlihat dari Fisiknya"