Cara Ganti Oli Mesin pada Mobil

cara ganti oli mesin pada mobil

Oli mesin merupakan salah satu komponen penting bagi mesin kendaraan bermotor termasuk mobil. Komponen ini berfungsi sebagai pelumas untuk memperlancar kerja mesin.

Bahkan, dalam waktu tertentu Anda perlu mengganti oli mesin lama dengan yang baru. Hal ini menghindari adanya kerusakan, mesin yang cepat aus, dan terjadinya ngadat. Lalu, bagaimana cara untuk menggantikan oli mesin di rumah? Yuk ketahui cara mengganti oli mesin sekarang juga!

Langkah Ganti Oli Mesin pada Mobil

Cara mengganti oli mesin pada mobil yang bisa Anda lakukan, antara lain:

Pastikan temperatur mobil hangat

Hal pertama yang perlu Anda pastikan saat ingin mengganti oli mesin yakni memastikan bahwa temperatur mesin mobil sudah mulai dingin atau menghangat.

Jangan ganti mobil saat temperatur mobil masih dalam kondisi panas. Karena penggantian oli mesin saat temperatur mobil masih panas akan merusak komponen mesin.

Lakukan pendongkrakan

Langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah mendongkrak bagian depan mobil untuk mempermudah proses penggantian dan pembuangan oli mesin. Anda juga bisa mulai membuka kap mobil bagian depan dan pengisian oli mesin.

Siapkan wadah pembuangan oli

Untuk pembuangan oli mesin yang sudah lama, Anda bisa meletakkan wadah di bagian bawah tepat pada tangki oli.

Untuk menghindari adanya aliran oli yang mengotori lantai maka Anda bisa memberikan alas berupa kertas atau koran di bagian bawah wadah pembuangan oli.

Lakukan pembuangan oli kotor

Langkah berikutnya buka baut bagian tangki oli dan biarkan oli mengalir hingga benar-benar habis. Tentunya Anda perlu memastikan bahwa oli yang berada di tangki tersebut terkuras seluruhnya agar tidak mencemari oli mesin yang baru.

Penggantian filter oli jika diperlukan

Ketika proses pembuangan oli masih belum selesai, Anda bisa melakukan pengecekan pada bagian filter oli. Tentunya komponen ini berfungsi sebagai penyaring oli dari berbagai kotoran agar tidak merusak mesin dan mengakibatkan mobil menjadi ngadat.

Jika memang kondisi filter oli sudah tidak memungkinkan untuk digunakan lagi. Maka Anda bisa mengganti filter tersebut dengan membuka kunci filter yang ada di bagian kolong mobil. Dengan begitu, kondisi kesehatan mesin semakin terjaga sehingga mampu menghasilkan kerja yang baik saat mobil digunakan.

Lakukan penggantian oli mesin

Setelah proses pengecekan filter dan pembuangan oli selesai, maka langkah terakhir adalah mengganti oli mesin dengan yang baru. Dalam hal ini, Anda perlu melakukan pengisian oli sesuai volume tangki. Hal ini bertujuan untuk menghindari adanya kelebihan atau kekurangan pengisian oli yang akan berakibat buruk pada kondisi kesehatan mesin.

Sekian penjelasan mengenai cara mengganti oli mesin secara mandiri di rumah. Dengan uraian tersebut, Anda tidak perlu mengganti oli mesin ke bengkel dan lebih hemat biaya. Jika kamu membutuhkan rekomendasi oli mesin mobil terbaik, kamu bisa melihatnya disini https://ilti.idemitsu.com/id/productcategory/oli-mesin-mobil.

Posting Komentar untuk "Cara Ganti Oli Mesin pada Mobil"