Jenis dan Manfaat Konsumsi Buah Bagi Ibu Hamil


 

Salah satu untuk mencukupi kandungan nutrisi bagi ibu hamil, mengonsumsi beraneka jenis buah-buahan. Buah yang bagus untuk ibu hamil adalah yang banyak mengandung zat dan vitamin penting seperti beta karoten, vitamin C, asam folat, kalium, dan serat bisa membantu mendukung kesehatan ibu hamil dan kesehatan serta perkembangan janin.

Sebuah studi pada 2013 menyatakan bahwa asupan yang banyak dikonsumsi oleh ibu hamil akan menjadi preferensi lemak dan gula seumur hidup bagi si kecil serta memengaruhi mikroba dan usus si kecil di awal kehidupan, sehingga hanya mengonsumsi fast food atau makanan dengan kalori kosong tentunya akan berdampak buruk bagi preferensi diet tubuh si kecil nantinya. (lemihealth.id)

Ada berbagai manfaat bagi ibu hamil yang mengonsumsi buah selain membantu kesehatan dan perkembangan janin yang sudah disebutkan di atas, manfaat lainnya adalah bisa membantu untuk mengurangi risiko bayi memiliki beberapa penyakit seperti asma dan sebagainya. Lalu apa saja sih buah yang bagus untuk ibu hamil? 

1. Jeruk dan Lemon

Cuaca yang terik dan panas biasanya suka bikin ibu hamil jadi ngidam sama yang segar-segar, kan? Nah, hal ini bisa diakali dengan membuat jus jeruk segar yang kaya akan vitamin C, folat, serat, dan memiliki kandungan air yang tinggi sehingga dapat membantu ibu hamil untuk terhidrasi dengan baik.

Selain ini, mengonsumsi jeruk dapat membantu melawan rasa mual yang terkadang di alami oleh ibu hamil serta membantu penyerapan zat besi. Jika ingin yang segar, minum jus lemon yang mengandung kalsium, kalium, dan magnesium yang baik untuk pertumbuhan tulang si kecil. Masih banyak ide minuman segar dari kedua buah ini, kira-kira apa kesukaanmu, nih? 

2. Apel

Tidak kalah dengan jeruk atau lemon, kandungan pada apel yang kaya akan zinc, vitamin A, vitamin C, vitamin D, vitamin E, antioksidan, kalium, dan serat yang baik untuk sistem kekebalan tubuh janin. Tidak hanya zat terkandung yang sudah disebutkan, apel juga mengandung pektin, yaitu prebiotik yang memberi makan bakteri baik dalam usus. 

Kebaikan lain yang bisa ibu hamil peroleh dari mengonsumsi apel adalah memiliki khasiat mengurangi risiko bayi mengidap asma, penyakit atopik atau alergi dan masalah hiperaktif.

3. Anggur

Dengan kandungan fruktosa, folat, vitamin C, vitamin K, asam organik, pektin, dan serat pada anggur yang berguna untuk membantu para ibu hamil ketika terjadi perubahan biologis selama kehamilan. Tidak hanya kandungan tersebut, anggur juga memiliki kandungan antioksidan yang dapat menambah kekebalan tubuh dan mencegah infeksi seperti tanin, linalool, flavonol, geranion, dan anthocyanin.

Namun, perlu diperhatikan ketika memilih jenis anggur yang akan dikonsumsi, ya! Hindari anggur hitam pada trimester awal karena jenis anggur ini menghasilkan panas tubuh yang berbahaya bagi janin.

Nah, jangan lupa untuk selalu makan buah bagi ibu hamil sebagai pengganti cemilan yang sehat bagi ibu dan calon buah hati. Semoga dengan adanya informasi pada artikel ini makin mendorong para ibu hamil untuk selalu menyantap buah.

Posting Komentar untuk "Jenis dan Manfaat Konsumsi Buah Bagi Ibu Hamil "