Yuk Kenali Peralatan Masak yang Aman Bagi Keluarga Anda Tercinta

peralatan memasak food grade

Memasak bagi sebagian orang menjadi suatu rutinitas sehari-hari. Apalagi bagi Anda yang ingin menghidangkan sajian makanan lezat dan bergizi. Kegiatan memasak membutuhkan pengetahuan yang memadai untuk menghasilkan makanan yang berkualitas. Sebab, dari makanan yang Anda konsumsi sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh.

Moms, tahukah Anda bahwa salah satu faktor yang mempengaruhi kualitas makanan adalah peralatan yang digunakan memasak. Hal ini karena peralatan masak bersentuhan langsung dengan bahan makanan yang akan dimasak.

Sebagaimana Peraturan Menteri Kesehatan, Moms harus menggunakan peralatan masak food grade atau peralatan yang terbuat dari bahan tara pangan. Supaya moms lebih jelas, simak penjelasan di artikel berikut ini ya!

Pengertian Peralatan Masak Food Grade

Food grade mempunyai dua definisi, yakni bahan (makanan) yang aman dikonsumsi dan alat (peralatan makan atau masak) yang aman apabila bersentuhan langsung dengan makanan. Hal ini guna menghindari zat-zat berbahaya yang bisa membekas ke dalam makanan atau minuman yang Anda konsumsi.

Peralatan Memasak yang Perlu Moms Pilih

Material bahan yang digunakan dalam peralatan masak ada berbagai macam. Berikut ini beberapa peralatan memasak yang masuk kategori food grade.

Stainless steel

Stainless steel adalah salah satu material alat memasak yang baik karena tidak ada lapisan kima atau logam bepori yang bisa menyerap rasa makanan. Moms bisa memilih peralatan masak dengan bahan stainless steel yang tergolong food grade dengan kode 304, 316, dan 430.

Keunggulan material stainless steel ini mempunyai tingkat reaktif terhadap panas yang baik. Sedangkan kekurangannya, makanan akan mudah menempel dalam material stainless steel sehingga butuh tenaga ekstra ketika membersihkan.

Besi

Besi mempunyai tingkat retensi pasa yang sangat baik sehingga hasil hidangan cukup sempurna. Moms yang memasak menggunakan peralatan masak dari material besi bisa menjadikan ciri khas makanan yang tidak bisa dihasilkan dari peralatan lain.

Keunggulan material besi ini memiliki lapisan anti lengket alami yang bisa memudahkan Moms membersihkannya. Sedangkan kekurangannya, material besi ini tidak reaktif terhadap panas sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama dalam proses memasak. Oh iya, material besi juga mempunyai beban lebih berat dibandingkan material yang lain.

Enamel

Material enamel ini cukup baik digunakan dalam beragam peralatan rumah tangga. Moms yang tidak bisa lepas dari menggoreng, bisa menjadikan peralatan masak dari material enamel sebagai pilihan. Permukaan penggorengan lebih kuat, anti lengket, ditambah kesan cantik dan elegan.

Keunggulan material enamel ini mudah dibersihkan. Alat yang cocok digunakan memasak yang membutuhkan waktu yang cukup lama dengan api kecil. Sedangkan kekurangannya, material ini mudah retak dan pecah.

Nah, demikian beberapa material peralatan memasak food grade yang bisa Moms jadikan pilihan untuk menjaga kesehatan Anda dan keluarga tercinta. HiCook merupakan salah satu rekomendasi toko peralatan memasak food grade yang kualitasnya tak perlu diragukan lagi. Kunjungi hicookofficial.com untuk mengetahui informasi selengkapnya. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Yuk Kenali Peralatan Masak yang Aman Bagi Keluarga Anda Tercinta"