Peran Psikiater dalam Program Rehabilitasi dan Manfaatnya

Merawat seseorang yang mengalami kecanduan narkoba adalah proses yang cukup rumit dan butuh penanganan holistik serta terintegrasi. Obat-obatan dari dokter bisa membantu pecandu putus zat dan memulihkan kesehatan fisik.

Tentunya para pecandu harus mengikuti program rehabilitasi narkoba. Tidak hanya dari perawatan medis saja untuk pengobatan secara fisik namun didukung dengan peran psikolog untuk pemulihan secara mental. Lalu apa saja peran psikiater dalam program rehabilitasi?

Peran Psikiater Dalam Program Rehabilitasi

Berikut ini beberapa peran psikiater untuk para pecandu narkoba yang sedang melakukan program rehabilitasi.

Memberikan Tindakan Efektif

Pecandu narkoba mengalami perubahan fisiologis yang mempengaruhi otak dan sistem saraf pusat. Maka dari itu sangat penting yang namanya restrukturisasi persepsi mental dengan pemberian obat dan juga psikoterapi.

Seringkali pecandu tidak punya kekuatan atau motivasi untuk bertahan. Kan banyak yang mengalami putus asa dan membiarkan semua hal berjalan dengan sendirinya. Sehingga banyak orang yang tadinya sudah sembuh lalu kembali lagi menjadi pecandu.

Maka dari itu psikiater butuh yang namanya penyesuaian tindakan efektif. Psikiater akan menangani kondisi fisik dan mental pecandu mulai depresi hingga ledakan kemarahan dan serangan keputus asaan yang tidak terkendali.

Rehabilitasi Psikis

Selain aplikasi medis dilakukan juga banyak aktivitas untuk pemulihan secara terintegrasi dalam bentuk terapi. Terapi yang dilakukan adalah terapi non medis meliputi konseling, terapi kelompok dan juga 12 langkah sampai pembinaan spiritual sesuai agama.

Adapun konseling dilakukan untuk mengajarkan para pecandu agar bisa lakukan identifikasi masalah dan menyadari kebiasaan yang bisa mendorong penggunaan narkoba. Dengan konseling ini para pecandu bisa terbebas kecanduan secara bertahap.

Sementara untuk terapi kelompok, dilakukan dengan forum diskusi yang pesertanya adalah para pecandu narkoba di pusat rehabilitasi. Tujuan dari terapi adalah membantu para pecandu untuk saling memotivasi, memberikan bantuan dan juga support.

Untuk program 12 langkah membantu atasi kecanduan. Adapun program ini membantu pemulihan kecanduan tidak hanya narkoba tapi juga obat-obatan terlarang dan alkohol. Terapi 12 langkah ini sudah dipraktekkan di 100 negara di dunia termasuk Indonesia. 

Itu tadi peran psikiater dalam program rehabilitasi untuk pecandu narkoba. Untuk yang membutuhkan rehabilitasi maka bisa memilih pusat rehabilitasi Ashefa Griya Pusaka. Di mana lewat pusat rehabilitasi ini, memindahkan rehabilitasi dengan tim tim yang sudah tersertifikasi. Informasi lebih lengkap seputar pusat rehabilitasi Ashefa Griya Pusaka langsung kunjungi CNN Indonesia.

Posting Komentar untuk "Peran Psikiater dalam Program Rehabilitasi dan Manfaatnya"