Memahami Berbagai Istilah dalam Akuntansi

Ketika ingin belajar akuntansi tentu saja Anda perlu yang namanya mempelajari istilah-istilah yang ada dalam akuntansi. Seperti diketahui pengertian accounting atau akuntansi sendiri merupakan suatu proses yang diawali dengan mencatat kemudian mengelompokkan, mengolah dan menyajikan data kemudian mencatat transaksi yang berhubungan dengan keuangan.

Dimana nantinya setelah proses akuntansi seseorang bisa mendapatkan informasi untuk mengambil keputusan. Akuntansi bisa disebut juga sebagai bahan bisnis untuk mengukur hasil kegiatan ekonomi pada sebuah organisasi agar mudah disampaikan ke berbagai pihak termasuk manajemen, investor bahkan kreditor dan regulator. 

Istilah Dalam Akuntansi

Berikut ini berbagai istilah dalam akuntansi uang yang wajib dipahami.

Pembukaan

Merupakan dokumentasi transaksi secara kronologis. Dimana jika Anda pemilik bisnis, maka wajib mencatat dan memantau transaksi di jurnal pembukuan atau bisa juga menggunakan format excel dan software akuntansi.

Jurnal Umum

Istilah ini disebut juga dengan buku besar. Di mana pada jurnal umum, Anda akan melakukan pelacakan dan pencatatan saldo akun per periode secara kronologis.

Anda juga harus memantau saldo akun, kredit dan debit agar bisa mendapatkan gambaran besar dari bisnis.

Piutang Usaha

Merupakan jumlah yang terutang oleh klien di mana tanggungan harus dibayar untuk menggunakan barang atau jasa yang sudah digunakan sebelumnya. Piutang usaha merupakan salah satu istilah yang cukup sering disebutkan maka harus dipahami artinya. 

Hutang Usaha

Merupakan sejumlah hutang yang harus dibayar perusahaan kepada kreditur karena perusahaan sudah menggunakan jasa atau barang dari kreditur. Utang ini biasanya punya jangka waktu tertentu berdasarkan kesepakatan kedua pihak.

Aset

Aset terdiri dari aset tetap dan aset lancar. Dimana aset tetap merupakan aset jangka panjang dengan keuntungan lebih besar dalam waktu lebih dari satu tahun.

Sementara untuk aset lancar adalah harta yang bisa diubah menjadi uang tunai dalam jangka waktu 1 tahun atau menurut jangka waktu tertentu.

Neraca

Adalah laporan keuangan perusahaan pada periode waktu tertentu. Adapun isi dari neraca ini cukup beragam dan bisa dibagi dalam beberapa kategori tingkat dan jenis.

Modal

Merupakan keuangan milik perusahaan, tidak hanya berupa uang tunai tapi juga barang. 

Arus Kas

Disebut juga dengan cash flow, di mana merupakan aktivitas keuangan berupa pendapatan atau pengeluaran yang bisa dihasilkan melalui aktivitas bisnis.

Diversifikasi

Adalah istilah akuntansi lain yang punya makna pengalokasian penanaman modal ke berbagai aset. Tujuannya adalah untuk menghindari resiko bisnis yang berlebihan. 

Itu tadi berbagai istilah dalam akuntansi yang wajib dipahami. Terutama bagi Anda yang baru mulai belajar akuntansi atau mendalami ilmu ini ke jenjang pendidikan lebih tinggi.

Posting Komentar untuk "Memahami Berbagai Istilah dalam Akuntansi"