5 Jenis Skizofrenia Beserta Cara Penanganan Yang Perlu Diketahui

Titik Dua - Kendala mental yang banyak diidap orang merupakan penyakit skizofrenia. Pengidap penyakit skizofrenia ini hendak susah dikala membedakan antara khayalan serta realitas, kesusahan mengekspresikan emosi, serta berpikir dan berperilaku yang dapat pengaruhi keadaan tiap hari.

Penyakit skizofrenia ini pada biasanya diisyarati dengan indikasi semacam halusinasi, delusi, sikap yang kerap berganti, perkataan yang tidak tertib, serta bermacam indikasi yang dapat membuat disfungsi pekerjaan serta sosial. Dalam mendiagnosis penyakit ini, indikasi yang timbul butuh diidentifikasi sangat tidak 6 bulan lamanya. Antara lain tercantum indikasi aktif yang timbul sepanjang satu bulan.

Orang yang mengidap skizofrenia dapat hadapi delusi. Delusi ini ialah suatu yang tidak nyata serta dipercayai oleh pengidap. Semacam misalkan mempercayai hendak terdapat orang yang mau membunuhnya, sementara itu sebetulnya tidak terdapat. Pada pengidap skizofrenia ini hendak hadapi halusinasi. Pengidap semacam seakan- akan mendengar suatu yang tidak terdapat serta memandang suatu yang tidak terjalin.

Jenis- jenis penyakit skizofrenia

Skizofrenia paranoid

Skizofrenia tipe paranoid ini, diucap selaku tipe yang sangat kerap sering dirasakan. Indikasi yang terlihat dari pengidap skizofrenia paranoid antara lain halusinasi, delusi, serta berdialog yang ngelantur. Pada pengidap hendak kesusahan dalam konsentrasi, eskpresi pada wajah yang datar, serta keahlian berperilaku yang turun. Mungkin hal ini disebabkan karena kurangnya hadiah ulang tahun untuk sahabat yang menjadi pemupuk semangat.

Indikasi delusi pada penyakit skizofrenia tipe paranoid kerapkali diucap dengan sebutan delusi paranoid ataupun delusi persekusi. Orang yang hadapi penyakit ini merasa hendak terdapat orang lain yang menyakiti dirinya serta keluarganya.

Skizofrenia hebefrenik ataupun skizofrenia disorganized

Skizofrenia tipe hebefrenik meyebabkan pengidap berdialog serta berperilaku yang tidak tertib. Orang yang mengidap skizofrenia tipe ini tidak hadapi halusinasi serta delusi. Sikap yang ditunjukkan semacam kendala kala lagi berdialog, berpikir secara tidak tertib, ekspresi wajah yang datar apalagi tidak cocok, hingga pada kesusahan kala melaksanakan aktivitas tiap hari.

Skizofrenia residual

Skizofrenia tipe residual lumayan rumit, sebab penderita tidak menampilkan indikasi yang lumayan signifikan. Ini diakibatkan sebab keseriusan indikasi yang menurun. Delusi serta halusinasi dapat jadi masih terdapat, tetapi tidak signifikan. Pengidap penyakit ini menampilkan indikasi yang negatif semacam tidak hirau dengan kebersihan tubuh, kendala psikomotorik, ekspresi yang datar.

Skizofrenia katatonik

Pengidap kendala skizofrenia tipe katatonik umumnya pula dirasakan oleh pengidap kendala bipolar. Orang yang hadapi kendala skizofrenia katatonik hendak menampilkan kendala dalam gerakan. Semacam tidak ingin berdialog, suka meniru sikap orang lain.

Skizofrenia tidak terinci

Sebutan dari skizofrenia tidak terinci ini buat menarangkan sikap seseorang yang hadapi lebih dari satu tipe skizofrenia. Orang yang hadapi skizofrenia katatonik dan hadapi kendala delusi ataupun halusinasi hendak digolongkan skizofrenia tidak terinci.

Penindakan penyakit skizofrenia

Pengidap yang hadapi skizofrenia hendak diberikan obat- obatan antipsikotik. Obat antipsikotik satu ini terkategori bermanfaat tuk kurangi indikasi skizofrenia, sebut saja semacam halusinasi serta delusi. Obat antipsikotik ada 2 tipe, ialah antipsikotik tipikal serta antipsikotik atipikal.

Kedua tipe obat antipsikotik dibedakan dari periode penemuannya. Dalam komsumsi obat antipsikotik ini pasti saja berpotensi dapat menimbulkan efek- efek samping. Tidak hanya itu pula seringkal menyulitkan pengidap dalam berkomitmen pada rencana penyembuhan. Dikala orang di dekat Kamu komsumsi obat antipsikotik, sokongan yang terbaik wajib senantiasa diberikan buat membagikan semangat pengidap. Termasuk diberikan kado ulang tahun untuk sahabat yang terbaik.

Pengidap skizofrenia wajib teratur melaksanakan konsultasi ke dokter jiwa. Kamu dapat bertanya di Halodoc. Kamu dapat konsultasi dengan gampang serta responnya kilat. Di Halodoc tidak butuh takut, sebab dokter yang terdapat ialah dokter yang pakar di bidangnya. Di situ pula Kamu dapat memperoleh formula yang pas cocok dengan indikasi yang timbul.

Posting Komentar untuk "5 Jenis Skizofrenia Beserta Cara Penanganan Yang Perlu Diketahui"