3 Komoditi Khas Indonesia Yang Laris di Pasar Internasional

by - Februari 05, 2021


Bagi para pegiat bisnis, sebutan ekspor nyatanya tidak asing lagi di telinga. Ya, ekspor ialah suatu pengiriman benda ataupun komoditas kepada negeri lain yang termasuk proses perdagangan internasional. Biasanya, aktivitas ekspor benda digiatkan oleh industri besar. Tetapi, kini UMKM serta orang per orangan dapat melaksanakan ekspor.

Indonesia tercatat sebagai negeri yang mempunyai sumber energi alam terbanyak, yang darinya menghasilkan komoditas ekspor yang besar pula. Bahkan kabarnya ekspor atau kirim barang ke Malaysia ataupun negara-negara lain di belahan dunia senantiasa mengalami peningkatan dari waktu ke waktu.

Dari banyak negeri di dunia, Malaysia jadi terbilang negara yang sangat besar menerima komoditas dari Indonesia. Trend ekspor juga dinilai senantiasa bertambah. Pastinya ini tidak terlepas dari komoditas yang sangat banyak diminati di negara tujuan.

Nah, untuk kalian yang penasaran apa saja komoditas asal Indonesia yang mempunyai peringkat sangat besar di bursa perdagangan internasional, berikut kami sajikan datanya! 

Kayu
Komoditas yang sangat besar ditempati oleh Kayu. Ya, kayu tropis jadi komoditas sangat besar di dunia mengingat ragam kegunaannya. Kabarnya, nilai ekspor komoditas kayu dapat mencapi nilai 5 miliyar USD per tahunnya.

Komoditas yang disebutkan juga meliputi kertas, bubur kayu, kayu lapis, veener, serta lain-lain. Bila kalian membaca-baca kabar terpaut, Jepang serta Cina ialah negeri yang sangat besar mengimpor kayu dari negara kita tercinta ini. 

Kulit
Sesudah komoditas kayu, kulit jadi komoditas selanjutnya yang sangat besar diekspor. Buat komoditas ini, produk- produknya antara lain sepatu kulit. Vietnam serta Cina jadi 2 diantara banyak negeri penerima ekspor kulit dari Indonesia. Permintaan yang sangat besar yakni hasil olahan kulit yang disamak, sepatu berolahraga, maupun berbentuk alas kaki.

Pasti bukan cuma Vietnam ataupun Cina, negara-negara lain semacam Australia, Hawaii, serta Malaysia ikut jadi sasaran ekspor komoditas kulit, baik asli ataupun sintetis. Salah satu brand yang sangat kerap mengekspor produk kulit ialah Edward Forrer, perihal mana industri tersebut ialah industri tas serta alas kaki asli Indonesia. 

Kopi
Kopi ialah salah satu komoditi asal Indonesia yang memiliki kedudukan yang sangat spesial. Indonesia boleh besar hati dengan stigma ini, karena kenyataannya Indonesia mempunyai banyak sekali varian kopi dan rasa yang bermutu. Perihal inilah yang menjadikan Indonesia bagaikan produsen biji kopi yang sangat besar di dunia setelah Brazil serta pula Vietnam.

Indonesia memiliki banyak varian kopi yang telah diekspor ke banyak negara semacam kopi toraja, kintamani, gayo, dan lain sebagainya. Brand kopi asal Indonesia yang bernama Kopi Kapal Api terlebih telah menembus pasar global yang dapat ditemui di negeri dunia, sebut saja Myanmar, Malaysia, serta Austria. Jika kalian pernah jalan-jalan ke luar negeri, mendapatkan produk tanah air ini tidaklah sulit.

You May Also Like

0 komentar