Tips Meningkatkan Kualitas Tidur Bayi, Bunda Perlu Tahu

Bayi memang waktunya lebih banyak digunakan untuk tidur daripada terbangun. Namun, apakah Bunda yakin tidur si kecil sudah berkualitas? Kualitas tidur bayi bisa didapatkan dengan memperhatikan cara tidur, lingkungan dan juga kenyamanan serta pola tidurnya.

Berikut ini adalah beberapa tips atau cara menidurkan bayi yang tepat untuk meningkatkan kualitas tidurnya. Simak baik-baik, ya!

Ciptakan Suhu Kamar Tidur yang Pas

Bunda, usahakan agar kamar tidur bayi memiliki suhu yang nyaman, yaitu suhu yang tidak terlalu panas atau terlalu dingin. Suhu kamar tidur dipercaya mampu meningkatkan kualitas tidur bayi.

Bahkan, disarankan agar bayi tidur di kamar dengan suhu antara 20° hingga 22,2° Celcius. Suhu ini cukup pas untuk bayi supaya bisa tidur lebih pulas.

Posisi Tidur Telentang

Dilansir dari beberapa riset, dianjurkan untuk menempatkan bayi tidur dalam posisi berbaring atau telentang.

Posisi tersebut akan membantu si kecil agar lebih mudah tertidur nantinya. Bayi yang beristirahat dalam kondisi berbarping juga dianjurkan sebagai posisi tidur ketika si kecil sedang flu atau batuk.

Bayi dalam Keadaan Kenyang

Sebagai upaya meningkatkan kualitas tidur bayi, pastikan bahwa si kecil sudah cukup makan dan minum sebelum tidur. Ini dilakukan agar bayi tidak merasa lapar saat tidur dan terbangun di malam hari.

Jadwal makan bayi usia 6 sampai 12 bulan juga perlu menjadi patokan yang ideal. Penuhi pula kebutuhan ASI atau susu formula di malam sebelum tidur.

Ganti Popoknya yang Penuh

Bayi terkadang menjadi tidak nyaman untuk tidur karena popoknya dalam keadaan penuh. Jika saat Bunda periksa popoknya sudah penuh, sebaiknya segera diganti dengan popok yang baru.

Baju dan popok yang bersih, akan membuat bayi merasa nyaman dan lebih rileks sehingga tidak terganggu saat tidur.

Itulah beberapa cara menidurkan bayi yang tepat untuk meningkatkan kualitas tidurnya. Gunakan popok Merries yang telah dilengkapi alarm penanda pipis. Garis yang awalnya kuning, akan berganti biru yang menandakan popok sudah penuh.

Hal ini akan membuat Bunda lebih mudah dalam mengetahui kapan popok si kecil harus diganti. Dengan begitu, tidur bayi tidak akan terganggu dengan rasa tidak nyaman akibat popoknya yang penuh. Informasi yang lebih lengkap bisa dilihat di laman merries.co.id. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Tips Meningkatkan Kualitas Tidur Bayi, Bunda Perlu Tahu"