Mengulas 5 Teknik Dasar Sepak Bola yang Harus Diketahui

by - April 10, 2021

Salah satu permainan yang paling populer di seluruh jagat raya adalah sepak bola. Meski sepak bola begitu populer, ada saja orang yang masih belum memahami teknik dasar sepak bola. Sebenarnya, teknik dasar sepak bola cukup mudah dan sederhana. 

Seperti namanya, permainan ini Cuma boleh dimainkan menggunakan kaki. Boleh bermain menggunakan anggota tubuh kecuali tangan dalam kondisi tertentu. Hanya kiper yang diperbolehkan menggunakan tangan. 

Saat pertandingan resmi, sepak bola dimainkan dengan jumlah sebelas pemain. Sekalipun demikian, jumlah permainan sepak bola ini bisa dengan mudah diadaptasi, sehingga bisa dijadikan permainan lain, seperti futsal. 

Berikut ini ada beberapa teknik dasar sepak bola yang perlu diketahui. Yuk simak ulasannya berikut ini. 

1.  Dribbling atau menggiring bola
Teknik dasar dalam bermain sepak bola yaitu menggiring bola. Teknik ini digunakan untuk menggerakkan bola, sebelum mengoper bola, melakukan umpan atau melepaskan tembakan.

Pada dasarnya, menggiring bola ada dua teknik yang bisa dilakukan. Yaitu mengendalikan bola dengan tempo yang lambat dan mengiring bola dengan tempo yang cepat. 

Nah saat melakukan teknik ini, para pemain harus hati-hati ketika mendorong bola supaya bola tetap dalam jangkauan dan tidak direbut oleh lawan main.  Terdapat dua bagian kaki yang bisa digunakan saat menggiring bola, yaitu punggung kaki dan kaki bagian dalam. 

2.  Shooting atau menendang bola
Teknik dasar sepak bola selanjutnya adalah melakukan shooting atau menendang bola. Teknik ini sangat penting dalam permainan sepak bola. Dengan teknik inilah, pemain bisa mencetak gol ke gawang lawan maupun melakukan oper bola kepada kawan satu tim.

Akurasi dalam melakukan tendangan shooting sangat dibutuhkan. Sebab akurasi yang salah bisa membuat peluang menjadi terbuang sia-sia maupun operan justru salah sasaran. Pada umumnya, pemain sepak bola saat menendang menggunakan punggung kaki bagian tengah. Sedangkan satu kaki lainnya harus bertumpu pas di sebelah bola supaya maksimal saat melakukan tendangan. 

3.  Passing atau mengoper bola
Teknik dasar sepak bola selanjutnya adalah melakukan passing atau mengoper bola. Tanpa passing, permainan sepak bola akan sulit dimainkan bersama sebelas pemain. Meski terlihat gampang, mengoper bola memerlukan teknik yang tepat. 

Bagi para pemain pemula, kemampuan mengoper perlu diasah dengan baik. Ada beberapa cara dalam melakukan passinng yaitu menggunakan kaki bagian dalam, atau kaki bagian depan. Mengoper bola menggunakan kaki bagian dalam biasanya untuk bola mendatar kepada kawan yang jaraknya tidak terlalu jauh. Sedangkan mengoper menggunakan kaki bagian depan biasanya digunakan untuk bola lambung kepada kawan yang jaraknya jauh.

4.  Ball control atau kontrol bola
Kontrol bola merupakan kemampuan yang sangat bermanfaat ketika pemain menerima bola dari kawan satu tim. Teknik ini selain untuk mengendalikan bola juga digunakan untuk menentukan tempo permainan.

Teknik yang biasanya digunakan untuk kontrol bola diantaranya menghentikan bola menggunakan telapak kaki. Mengontrol bola juga bisa dengan kaki bagian dalam. Pemain sepak bola harus memperhatikan ketepatan sentuhan kaki agar bola tidak memantul jauh sehingga bisa direbut lawan. 

5.  Heading atau menyundul bola
Permainan sepak bola selain menggunakan kaki juga diperbolehkan menggunakan kepala. Teknik menggunakan kepala ini dinamakan heading atau menyundul. Teknik heading digunakan untuk mengerakkan bola yang melaju di udara. Teknik ini bisa juga digunakan untuk mencetak gol ataupun mengoper bola ke kawan satu tim.

Cara melakukan heading yaitu pemain sepak bola harus memperkirakan laju bola di udara sebelum melakukan heading. Menyundul bola ini harus menggunakan dahi serta tidak dapat dilakukan dengan semua bagian kepala. Saat salah dalam melakukan teknik ini, bisa menyebabkan cedera.

You May Also Like

0 komentar